Minggu, 14 Juni 2009

Cuyusika Masuk daftar aliran salah Satu Perguruan Ind (Wikipedia Indonesia)



Daftar perguruan silat
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Silat (disebut juga pencak, atau pencak silat) adalah suatu jenis seni beladiri Indonesia. Halaman ini berisi daftar beberapa aliran dan perguruan, yang terdapat baik di Indonesia maupun di luar negeri. Anda dapat menambahkannya dengan informasi yang sesuai.Daftar isi [sembunyikan]




Aliran dan perguruan di Indonesia
  1. HASDI (Himpunan Silat Dasar Indonesia) yang didirikan oleh Bapak RS. Hasdijatmiko pada tahun 1961, yang berpusat di jember Jawa Timur. Merupakan perguruan silat yang mengembangkan tekhnik gerak silat cepat dan lugas.
  2. PSHT ( Persaudaraan Setia Hati Terate )
  3. Silat Perisai Diri – teknik silat Indonesia yang diciptakan oleh Pak Dirdjo (mendapat penghargaan pemerintah sebagai Pendekar Purna Utama) yang pernah mempelajari lebih dari 150 aliran silat nusantara dan mempelajari aliran kungfu siauw liem sie (shaolin) selama 13 tahun. Teknik praktis dan efektif berdasar pada elakan yang sulit ditangkap dan serangan perlawanan kekuatan maksimum. Saat ini merupakan silat yang paling dikenal dan banyak anggotanya di Australia, Eropa, Jepang dan Amerika Serikat, lihat pula: Perisai Diri Cabang Bandung
  4. Silat Tunggal Hati Seminari-Tunggal Hati Maria - ORGANISASI Pencak SIlat bernafaskan agama Katolik.didrikan oleh 7 dewan pendiri, termasuk Rm. Hadi,Pr. dan Rm. Sandharma Akbar,Pr.
  5. Silat Merpati Putih - perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong (PPS Betako)
  6. Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah - organisasi pencak silat yang menjadi wadah pendekar-pendekar yang berada di lingkungan Muhammadiyah
  7. Silat Zulfikari – ajaran bela diri dari Qadiri Rifai Tariqa
  8. Pukulan Bongkot – suatu aliran silat
  9. Silat Mubai - silat Muslim
  10. Silat Hikmatul Iman Indonesia - perguruan beladiri yang didirikan oleh Dicky Zainal Arifin.Merupakan aliran silat tersendiri tanpa pengaruh dari aliran manapun.
  11. Silat Elang Putih - perguruan beladiri yang bertempat di [[Bogor]). Merupakan aliran silat yang terdiri dari gabungan pencak silat aliran di Jawa Barat.
  12. Pusaka Sakti Mataram Lakutama PPS Inti Ombak - perguruan pencak silat yang mengaju pada zaman mataram jogja dan bercampur dengan aliran madura berkembang dengan tujuan pelestarian budaya bangsa.
  13. Pencak Silat Pertempuran – aliran silat yang terdiri dari gabungan beberapa aliran, terutama Pencak Silat Pamur dan Silat Sterlak. Pengaruh silat Indo-Melayu lainnya termasuk: Seni Bela Diri Silat Jati Wisesa dan Raja Monyet Silat
  14. Pencak Silat Gerakan Suci – merupakan pengembangan dari Pencak Silat Mande Muda
  15. CUYUSIKA BANGAU PUTIH (Perguruan Silat yang menggabungkan 4 jenis Aliran Beladiri) Pontianak - Kalimantan Barat, Lahir Di Banten, Berdiri di Banyuwangi oleh Erlang Selo Hari Bagus titisan Erlang Selo Dwi Payana, dan Berkembang di Pontianak Kalimantan Barat Oleh Muchsiono Hadi Saputra.(Red.H.E.Hrp)





Minangkabau
Silat Tuo - Aliran silat yang dianggap paling tua yang turun dari daerah Pariangan, Padang Panjang.
Silat Bungo - salah satu aliran silat Minang yang menekankan gerak pada aplikasi seni pencak silat.
Silat Sitaralak, Sterlak, Starlak - aliran silat keras dan kuat dari Minangkabau, berasal dari Agam, berkembang sampai ke wilayah Sawahlunto.
Silat Kumango - salah satu aliran silat di Minangkabau yang berasal dari kampung Kumango, Batusangkar, Kab. Tanah Datar
Silat Kota Anau - aliran silat daerah Koto Anau, Solok yang merupakan daerah pertahanan Minangkabau di masa dahulunya yang menghubungkan antara Pagaruyung sebagai pusat kerajaan dan Bayang, Pesisir Selatan .
Silat Pauah (Pauah) - aliran silat di Minangkabau yang berasal dari kampung Pauah, Kota Padang. Silat ini adalah silat termuda dan ada yang menganggap merupakan sari atau kompilasi (gabungan) dari hampir semua aliran silat yang ada di Minangkabau, silat ini khusus untuk berperang, sebab di Pauah, Padang merupakan salah satu basis perjuangan masyarakat Minangkabau
Silat Lintau - aliran silat di Minangkabau yang berasal dari kampung Lintau, Batusangkar, Kab. Tanah Datar.
Silat Harimau - salah satu aliran silat di Minangkabau yang menekankan pada permainan bawah.
Silat Sabandar - adalah silat yang berasal dari daerah Pagaruyung, Sumatera Barat, namun dikembangkan di Kampung Sabandar, Karangtengah, Cianjur.
Silat Buah Tarok - salah satu aliran silat di Minangkabau yang berasal dari Bayang, Pesisir Selatan. Salah satu peguruannya ada di Aur Duri Padang dengan nama peguruan Salimbado-Buah Tarok, dibawah asuhan Emral Djamal Datuak Rajo Mudo
Silat Pakiah Rabun
Silat Gajah Badoroang - berkembang di wilayah Kabupaten Sawahlunto/Sijunjuang.
Silat Luncua (Luncur)

Tidak ada komentar: